KEGIATAN POSYANDU INTEGRASI DESA BULUMANISLOR TAHUN 2018

Pada hari Senin ,tanggal 10 September 2018 , jam 09.00 WIB ,Bertempat di Gedung Posyandu Bulumanis Lor ,diadakannya Posyandu Integrasi .Posyandu Integrasi menawarkan Solusi , memberikan manfaat yang mendasar dibidang Kesehatan dan Pendidikan, karena itu sangatlah penting bagi kita khususnya warga masyarakat untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut. Di Desa bulumanis lor sudah mempunyai Gedung Posyandu sendiri ,untuk itu setiap tanggal 10 diadakan kegiatan Posyandu Integrasi , untuk jenis kegiatannya : Bina Keluarga Balita ( BKB ) , Kelas Posyandu Ibu Hamil ( BUMIL ) , Kelas Posyandu LANSIA ( Lanjut Usia ),

I. Gambar foto diatas adalah kegiatan BKB.

Untuk Pembinaan Tumbuh kembangnya anak balita melalui rangsangan fisik , mental, intelektual, spiritual, sosial dan emosional, dilakukan dengan program Bina Keluarga Balita ( BKB ) . Pembinaan anak secara utuh tidak hanya dapat dilaksanakan sendiri oleh orangtua, akan tetapi harus difasilitasi oleh Pemerintah daerah / Kerjasama dengan Lembaga terkait. Untuk membantu Pertumbuhan dan Kesehatan fisik anak dilakukan melalui Program Pos Pelayanan Terpadu ( POSYANDU ).

II. Gambar foto diatas adalah kegiatan Kelas Posyandu Ibu Hamil ( BUMIL )

Kelas Ibu Hamil adalah kelompok belajar ibu – ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai 36 minggu ( menjelang persalinan ) .

Tujuan Kelas Ibu Hamil adalah : Meningkatkan Pengetahuan , merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh, dan keluhan selama kehamilan.

Keuntungan Kelas Ibu Hamil adalah : Materi diberikan secara menyeluruh dan terencana secara efektif karena pola penyajian materi terstruktur dengan baik dan dapat meningkatkan kuwalitas sistem pembelajaran.

III. Gambar foto diatas adalah Kegiatan Kelas Posyandu LANSIA ( Lanjut Usia )

Posyandu Lansia adalah Pos Pelayanan Terpadu untuk masyarakat Usia Lanjut yang digerakkan oleh masyarakat  dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

Tujuan Posyandu LANSIA adalah : Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia.

Sasaran Posyandu Lansia :

– Kelompok Pra Usia Lanjut ( 45 – 59 tahun )

– Kelompok Usia Lanjut ( 60 tahun keatas )

– Kelompok Usia Lanjut dengan resiko tinggi ( 70 tahun keatas )

Itulah informasi tentang kegiatan Posyandu Integrasi dari desa bulumanislor semoga bermanfaat dan bisa dicontoh oleh desa-desa lainnya , Semangat Dan Berprestasi .

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan