MUSRENBANG ( Musyawarah Rencana Pembangunan ) DESA BULUMANIS LOR TAHUN 2019

             

Pada Tanggal 19 september 2018 jam : 09.00 WIB, Tempat : Balaidesa Bulumanis Lor mengadakan MUSRENBANGDES TAHUN 2019.
MUSRENBANGDES adalah : Forum Musyawarah Tahunan para pemangku kepentingan desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa ( RKP ) Tahun anggaran yang direncanakan dengan berpedoman kepada RPJM Desa.
Pemerintahan desa dalam mengadakan MUSRENBANGDES melibatkan BPD dan perwakilan kelompok Masyarakat untuk menjamin Mandat Musyawarah Desa di implementasikan dalam perencanaan yang lebih tehnis .
Pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen tata pemerintahan ( Pemerintah , Masyarakat , Swasta ) tidak berperan atau berfungsi karena itu MUSRENBANG juga merupakan forum pendidikan warga agar menjadi bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan.
Biasanya MUSRENBANGDES dilaksanakan dengan tahapan yang terdiri dari : Tahapan Persiapan yang menyusun jadwal dan agenda , Merangkum Berita Acara MUSRENBANGDES dan menyusun laporan pelaksanaan .
Selain MUSRENBANGDES desa bulumanis lor juga Mereorganisasi Lembaga BUMDES dan KPMD ,juga dibentuk Tim TPK karena masa waktunya sudah habis,untuk itu bapak kepala desa PRAMONO S.Pd mengiginkan supaya pemilihan dalam kelembagaan harus bersifat transparan tidak ada yang ditutup tutupi dan terbuka , maka dalam kesempatan MUSRENBANGDES dibentuklah lembaga BUMDES ,Lembaga KPMD dan Tim TPK ,tersebut karena banyak tokoh masyarakat yang hadir dan banyak yang merespon dengan baik.Itulah sekelumit gambaran MUSRENBANGDES dari desa Bulumanislor, maaf apabila ada salah kata penulis mohon maaf yang sebesar besarnya. 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan