TEKNOLOGI BUDIDAYA PADI TANAM BENIH LANGSUNG ( TABELA ) DESA BULUMANIS LOR TAHUN 2018

Masyarakat desa Bulumanis lor sebagian besar sangat antusias melakukan cara bercocok tanam padi dengan sistem tanam benih langsung  ( tabela ) karena lebih menguntungkan dan lebih efektif, yang pertama kali untuk memberi semangat melakukan tabela ini justru bapak kepala desa bulumanis lor Bp. PRAMONO S.Pd . Beliau sangat antusias karena salah satu diantara perangkat desa nya yang sudah mencoba untuk bercocok tanam dengan cara tabela ini berhasil, untuk itu bapak kepala desa bulumanis lor mengajak para petani untuk bercocok tanam dengan cara tabela.

   

Sistem tanam  benih langsung ( TABELA ) adalah : penanaman tanaman padi tanpa melalui persemaian dan pemindahan bibit . Budidaya tanam benih langsung padi pada dasarnya dapat dibedakan atas dasar dua pilihan teknologi yaitu : tanam benih langsung secara merata dan tanam benih langsung dalam larikan.

Cara pengolahan tanah dalam budidaya padi tabela pada prinsipnya sama dengan budidaya tanam pindah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal diperlukan pengolahan tanah yang sempurna. Pengolahan tanah yang dalam akan mempercepat pertumbuhan tanaman sehingga tanaman tidak mudah rebah pada stadia generatif. Permukaan tanah harus rata agar tinggi permukaan air dapat dikontrol.

   

Teknik tanam tabela dengan menggunakan alat tanam atabela tidak memerlukan pesemaian seperti pada teknik tanam pindah ,benih langsung direndam selama 24 jam kemudian dikeringanginkan selama 12 – 14 jam dan langsung ditanam dalam larikan .

Budidaya padi tabela dapat diterapkan pada beragam agroekosistem , meliputi sawah irigasi, sawah tadah hujan , lahan pasang surut, serta lahan kering yang relatif datar. Penerapan tabela mampu menekan biaya dan mengatasi kelangkaan tenaga kerja karena tidak memerlukan pesemaian dan pindah tanam . Selain itu Tabela juga dapat memperpendek periode pertanaman padi untuk meningkatkan indeks pertanaman dan menghindari kekeringan.

Untuk itu Bapak kepala desa bulumanis lor mencoba sistem tanam Tabela dengan para perangkat desanya yang terjun langsung untuk mengolah tanah sawahnya sendiri,” Maju Terus Pantang Mundur Ayo para Petani Desa Bulumanis Lor” . Untuk keberhasilan desa Bulumanis lor supaya bisa menghasilakan padi yang baik dan memuaskan hasilnya.

” Jangan Menyerah Para Petani Atas Impianmu, Impian Memberimu Tujuan Hidup , Ingatlah Sukses Bukanlah Kunci Kebahagiaan , Kebahagiaanlah Kunci Sukses ….Semangat…”

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan