KEGIATAN POSYANDU INTEGRASI DESA BULUMANIS LOR BULAN NOVEMBER TAHUN 2018

       

Sebelum saya menjelaskan satu persatu tentang kegiatan Posyandu Integrasi yang berada di desa Bulumanis lor terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Posyandu Integrasi.

POSYANDU INTEGRASI adalah : Suatu Upaya mensinergikan berbagai layanan yang dibutuhkan masyarakat meliputi perbaikan kesehatan dan gizi ,pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga, dan kesejahteraan sosial.

Jenis pelayanan dasar yang dimaksud adalah : Posyandu, PAUD, BKB, Posyandu Lansia dan Posyandu BUMIL ( Ibu Hamil ), sasaran pelayanan adalah : kesehatan ibu , balita, lansia.

  1. Pos Pelayanan Terpadu ( POSYANDU )

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat ( UKBM ) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh , untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

2. Bina Keluarga Balita ( BKB )

Adalah : upaya peningkatan pengetahuan ,keterampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik , motorik, kecerdasan, sosial, emosional, serta moral, yang berlangsung dalam proses, interaksi antara ibu/ anggota keluarga laiinya dengan anak balita.

      

3. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD )

Adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

4. Poyandu Lansia

Adalah Pos Pelayanan Terpadu untuk masyarakat usia lanjut disuatu wilayah tertentu yang sudah disepakati yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

     

5. Posyandu BUMIL ( Ibu Hamil )

Adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai 36 minggu ( menjelang persalinan ).

      

Pada hari : senin , tanggal 10 November 2018, jam : 08.30 WIB , didesa Bulumanislor ,para kader Posyandu dan Kader BKB melaksanakan kegiatan Posyandu Integrasi.

Apa yang dimaksud KADER adalah : Anggota masyarakat yang bersedia ,mampu dan memiliki waktu untuk menyelenggarakan kegiatan posyandu secara sukarela.

Semoga kegiatan ini akan berlangsung terus menerus , Semangat ibu-ibu Kader tanpa jasamu kita semua tidak akan terlayani dengan baik dan bisa dicontoh oleh desa lainnya . Desa Bulumanis Lor ” Maju Terus Pantang Mundur “.

Penulis mohon maaf apabila ada salah-salah kata.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan