FORUM KESEHATAN DESA ( FKD ) DALAM SOSIALISASI PENGEMBANGAN DESA SIAGA AKTIF DI DESA BULUMANIS LOR

Pada hari : Kamis , tanggal 13 Desember 2018 Jam : 09.00 WIB Tempat Gedung Pos Yandu Desa Bulumanis lor , Forum Kesehatan Desa mengadakan Sosialisasi tentang Desa Siaga.

Tujuan Desa Siaga yaitu : Percepatan Terwujudnya Masyarakat Desa yang Peduli , Tanggap , dan mampu mengenali ,mencegah serta mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi ( Bencana dan Kegawat Daruratan ) secara mandiri sehingga derajat kesehatan meningkat.

         

Pengertian Desa Siaga : Suatu Kondisi Masyarakat desa yang memiliki kesiapan sumber daya potensial dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan , bencana dan kegawat daruratan kesehatan secara mandiri.

Desa Siaga Aktif merupakan Pengembangan Desa Siaga :

  1. Penduduknya dapat mengakses dengan mudah sarana kesehatan dasar yang melayani setiap hari melalui PKD atau Sarana Kesehatan yang ada.
  2. Memiliki UKBM yang melaksanakan Upaya survailans berbasis masyarakat ( Pemantauan penyakit , KIA , Gizi , Lingkungan , Perilaku ) , penanggulangan bencana dan kegawat daruratan kesehatan serta penyehatan lingkungan ,sehingga masyarakat menerapkan PHBS.

        

Forum Kesehatan Desa ( FKD ) : Wadah partisipasi masyarakat dalam mengembangkan Pembangunan didesa / kelurahan untuk merencanakan , menetapakan , koordinasi dan penggerak kegiatan , serta monitoring evaluasi pembangunan kesehatan didesa / kelurahan.

Fungsi FKD : Sebagai Wadah mengembangkan sistem kesehatan desa , dan merumuskan , memecahkan masalah kesehatan didesa.

Tugas Forum Kesehatan Desa :

  1. Merencanakan kegiatan bersumber dari pendanaan yang ada didesa ( identifikasi dan sebab masalah serta potensi ,susun pemecahan masalah ) , menetapkan dalam MMD.
  2. Menyusun kebijakan bidang kesehatan misal : Perdes tentang kawasan ,bebas jentik ,bebas rokok dll.
  3. Koordinasi dan penggerak kegiatan , pembinaan dan pengembangan kegiatan
  4. Mengumpulkan informasi dan menggali potensi ( SMD )
  5. Memadukan Potensi dan kegiatan didesa.
  6. Monitoring evaluasi kegiatan UKBM yang ada didesa.
  7. Penghubung berbagai kepentingan.

Itulah sekelumit gambaran tentang FKD Dalam Pengembangan Desa Siaga.

Semoga kedepannya untuk desa bulumanis lor kegiatan FKD akan lebih baik dan maju dalam menjalankan bidang kesehatan bagi seluruh masyarakat desa

Penulis mohon maaf apabila ada kata- kata atau tulisan yang kurang berkenan dihati para pembaca , mohon koreksi.

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan