KEGIATAN LANSIA DI DESA BULUMANIS LOR TAHUN 2019

Pada tanggal 6 Februari 2019 ,hari rabu ,jam 09.00 WIB ,bertempat digedung Posyandu desa Bulumanis Lor,mengadakan kegiatan Posyandu Lansia.

POSYANDU LANSIA adalah : Pos Pelayanan Terpadu untuk masyarakat usia Lanjut  yang dimulai umur 45 thn – 60 thn. Pos yandu lansia terdiri dari pelaksana kegiatan dan pengelola Posyandu. Pelaksana kegiatan adalah anggota masyarakat yang telah dilatih menjadi kader kesehatan setempat dibawah bimbingan puskesmas ,sedangkan pengelola posyandu adalah pengurus yang dibentuk oleh ketua RW  yang berasal dari kader PKK ,tokoh masyarakat formal , dan informal serta kader kesehatan yang ada diwilayah tersebut.

          

Tujuan pembentukan Posyandu Lansia sebagai berikut :

  1. Meningkatkan jangkauan  Pelayanan kesehatan lansia dimasyarakat sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia.
  2. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut .

Mekanisme Pelayanan Posyandu Lansia hanya menggunakan sistem pelayanan 3 meja yaitu :

  1. Meja L , meliputi kegiatan pendaftaran lansia , pengukuran tinggi badan , dan penimbangan berat badan.
  2. Meja II , meliputi kegiatan pencatatan berat badan, Indeks Masa Tubuh ( IMT ) , Pelayanan kesehatan seperti pengobatan sederhana dan rujukan khasus juga dilakukan di meja 11 ini.
  3. Meja III , meliputi kegiatan penyuluhan atau konseling disini juga bisa dilakukan  pelayanan pojok gizi.

              

               

Bentuk pelayanan Posyandu lansia antara lain meliputi pemeriksaan kesehatan fisik dan mental emosional yang dicatat dan dipantau dengan Kartu menuju Sehat ( KMS ) untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita ( Deteksi Dini ). atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi .

Kegiatan lain yang dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi setempat seperti Pemberian Makanan Tambahan ( PMT ), dengan memperhatikan aspek kesehatan dan gizi lanjut usia dan kegiatan olah raga seperti senam lanjut usia, gerak jalan santai untuk meningkatkan kebugaran . itulah sekelumit kegiatan Posyandu Lansia didesa Bulumanis Lor semoga bermanfaat bagi kita semua.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan