RAPAT GERAKAN PSN ( PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK )DESA BULUMANIS LOR TAHUN 2019

Pada hari minggu, tanggal : 10 Februari 2019, tempat Di Balai desa Bulumanis lor, Pemerintah desa menggadakan rapat yang dipimpin oleh bapak kepala desa yaitu PRAMONO S,Pd. yang dihadiri oleh PUSKESMAS I MARGOYOSO  Sebagai Nara Sumber,Pemerintah Desa, perwakilan dari RT / RW, Tokoh masyarakat , BPD, LPMD, Aktifis Peduli Lingkungan , Karang Taruna, Kader PKK, FKD dan masyarakat lainnya.

Rapat diawali dengan :

  1. Pembukaan dengan bacaan Basmallah
  2. Sambutan sambutan

a. Sambutan bapak kepala desa beliau menyampaikan bahwasannya untuk musim penghujan ini seluruh masyarakat desa bulumanis lor dihimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan disekitar rumah masing masing , karena musim penghujan ini banyak nyamuk demam berdarah yang bersarang dimana mana, dan bapak kepala desa tidak menginginkan untuk fogging , kalau bisa PSN saja yaitu Pemberantasan Sarang Nyamuk.

        

b. Sambutan Bapak Kepala PUSKESMAS I MARGOYOSO , Beliau mengatakan bahwa bahaya tentang Fogging yaitu: akan menimbulkan keracunan karena dosis yang tidak sesuai , Kandungan insektisida dalam gas ini memang termasuk dalam sejenis racun , menghirupnya berlebihan bisa memicu gejala seperti batuk batuk,mual dan muntah,berkeringat, mata teriritasi , gatal pada kulit, nafas terengah engah, bisa juga sakit perut. karena fogging hanya membunuh nyamuk dewasa saja, utk jentik jentik nyamuknya tidak terbunuh, untuk itu disarankan kalau bisa jangan fogging.

         

c. Sambutan dari Perwakilan PUSKESMAS I MARGOYOSO , Fogging nyatanya bukan upaya utama mencegah penyakit Demam Berdarah ,bahkan fogging bisa membawa dampak berbahaya. Fogging atau pengasapan dilakukan dengan cara membunuh nyamuk menggunakan zat kimiawi, tapi tanpa disadari penyakit demam berdarah ini masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan dimasyarakat Indonesia.ini penjelasan tentang WASPADA DEMAM BERDARAH

       

       

Itulah sekelumit penjelasan dari pihak PUSKESMAS I MARGOYOSO yang mana warga desa Bulumanis lor sangat berterimakasih karena sudah mendapatkan ilmu yang bermanfaat .

d. Penutup dengan bacaan Hamdallah.

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan