KEGIATAN POSBINDU PTM DAN POSYANDU LANSIA DI DESA BULUMANIS LOR TAHUN 2019

Pada tanggal 6 Maret 2019 , jam : 09.00 WIB ,Bertempat di Gedung Posyandu Desa Bulumanis lor mengadakan kegiatan POSBINDU PTM  dan POSYANDU LANSIA.

Masyarakat desa Bulumanis lor sangat berantusias untuk mengikuti kegiatan ini,karena kegiatan ini sangat membantu masyarakat biar tahu akan pentingya penyakitnya.

Pengertian POSBINDU PTM adalah : merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor resiko PTM utama yang dilaksanakan secara terpadu ,rutin ,dan periodik .Faktor resiko penyakit tidak menular ( PTM ) meliputi merokok,konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat,kurang aktifitas fisik .

           

Sasaran POSBINDU PTM : kelompok masyarakat sehat ,beresiko dan penyandang PTM atau sasaran dengan range 15 tahun keatas . PTM sendiri adalah mengendalikan faktor resiko pada kondisi normal untuk mencegah timbulnya komplikasi PTM.

Untuk kegiatan POSBINDU antara lain :

  1. Melakukan wawancara untuk menggali informasi faktor resiko keturunan dan perilaku .
  2. Melakukan penimbangan dan mengukur lingkar perut
  3. Melakukan pengukuran tekanan darah
  4. Melakukan pemeriksaan gula darah
  5. Melakukan pengukuran kadar lemak
  6. Melakukan pemeriksaan fungsi paru sederhana
  7. Pemeriksaan IVA oleh tenaga bidan terlatih
  8. Melaksanakan konseling
  9. Melakukan olah raga atau kegiatan lainnya

              

Sebagai langkah awal dari terbentuknya POSBINDU petugas kesehatan harus selalu mendampingi kader posbindu dalam pelaksanaanya sampai kader posbindu dapat melaksanakan tugasnya secara mandiri terutama dalam melakukan pengukuran tekanan darah ,pengukuran IMT, serta kader mampu melakukan pencatatan ,pelaporan dan rujukan.

Disini juga diadakan kegiatan POSYANDU LANSIA ,kegiatan ini sangat positif sekali karena banyak masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan ini terutama yang berumur 60 tahun keatas.

Posyandu lansia adalah : Pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut disuatu wilayah tertentu yang sudah disepakati ,yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan .

           

            

Tujuan pembentukan Posyandu lansia adalah ; meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia dimasyarakat sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia .

Sasaran langsung kelompok Posyandu lansia adalah : usia lanjut 60 tahun keatas.

Didesa Bulumanislor  yang berperan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah Ibu Ketua TP PKK desa  DIANA UMAYA yang dibantu oleh kader kadernya dan didukung oleh bapak kepala desa yaitu PRAMONO S,Pd .semoga apa yang dicita citakan oleh desa bulumanis lor akan semakin maju dan sejahtera .

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan