KEGIATAN BERSIH DESA BULUMANIS LOR

Bersih desa atau Sedekah Bumi merupakan tradisi yang turun temurun dari para leluhur yang menempati suatu wilayah yang dilaksanakan setiap tahun sekali. Selain ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,juga bagian pelestarian budaya. Salah satu kearifan budaya lokal yang sudah berabad abad berkembang pada masyarakat jawa adalah tradisi bersih desa ada pepatah dari para leluhur masyarakat jawa bahwa ” Wong Jowo Ojo Ilang Jawane ” orang jawa jangan sampai kehilangan jati dirinya sebagai orang jawa ,sebagai desa yang masih memegang teguh nilai nilai budaya leluhur desa Bulumanis lor. Dalam kegiatan bersih desa para masyarakat mengadakan beberapa kegiatan diantaranya :

  1. Tanggal 18 juli 2019  :  Hajatan dan Qosidah burdah ( dalam waktu /jam yang berbeda )
  2. Tanggal 19 juli 2019  :  Jalan Sehat dan Pagelaran Wayang ( dalam waktu / jam yang berbeda )
  3. Tanggal 21 juli 2019  :  Kesenian Barongan
  4. Tanggal 22 juli 2019  :  Istiqosah / Penutup acara.

Pada acara hajatan biasanya penduduk desa per KK  membawa 2 besek atau kardus lengkap dengan nasi dan lauk pauknya yang dibawa ke gedung posyandu atau balaidesa lama ,mengundang para tokoh masyarakat sekitarnya,karena hajatan ini sangatlah penting dalam tradisi adat jawa yang harus diadakan .

Untuk Jalan Sehat dilaksanakan pada hari jumat jam : 07.00 WIB – 11.00 WIB . dalam acara jalan sehat banyak sekali hadiah atau doorprize yang akan diberikan pada masyarakat yang ikut jalan sehat, jalan sehat ini dihadiri oleh bapak camat Margoyoso, beliau sangat gembira dan senang karena bisa menghadiri acara ini.

Bapak kepala desa juga merasa senang atas terselenggaranya acara ini supaya kedepannya bisa terus dan terus untuk melaksanakan kegiatan jalan santai.

             

Dalam jalan santai ini para ibu- ibu PKK desa juga menggadakan bazar yang makanannya terbuat dari tepung Mokaf misal ada wingko dari tepung mokaf , nastar dari tepung mokaf , bolu dari tepung mokaf dan masih banyak lagi.

               

           

Juga ada Program dari PUSKESMAS yaitu GERMAS ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ) , yaitu dengan adanya Tensi gratis dan makan sayur pecel gratis.

       

           

Masyarakat sangat antusias sekali dalam program ini ,karena sangat mendukung sekali apalagi habis jalan santai langsung disuguhkan dengan makan sayur pecel gratis.

Acara ini berlangsung sangat meriah sekali karena kepanitiaannya dari karang taruna dibantu oleh ibu2 PKK, dan masyarakat yang terkait dalam pelaksanaan kegiatan jalan santai ini , juga ada mahasiswa yang kebetulan KKN didesa Bulumanis lor.

     

   

Itulah kegiatan jalan santai desa Bulumanis lor , mudah mudahan untuk tahun depan lebih meriah lagi dan hadiah hadiahnya lebih bagus – bagus lagi. Atas berkat Rahmat Allah  SWT dan dengan dukungan dari semua pihak rangkaian kegiatan tradisi  bersih desa Bulumanis lor ,Kecamatan Margoyoso ,Kabupaten Pati dapat terselenggara dengan baik dalam suasana yang Kondusif. ( Sri Mukti Anik Minawati S.Pi )

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan