KEGIATAN KELOMPOK WANITA TANI ( KWT ) ” TUNAS MEKAR “DESA BULUMANIS LOR

Tujuan dibentuknya kelompok wanita tani ” TUNAS MEKAR” desa Bulumanis lor adalah : sebagai upaya kaum perempuan secara langsung dalam usaha – usaha peningkatan hasil pertanian ,seperti menjadi bagian dari motivator dalam adopsi dan pengenalan teknologi tani.

Peran ganda wanita tani ini sangat strategis dalam peningkatan produktivitas usaha tani dan berpotensi untuk meningkatkan pendapatan dan ketahanan pangan menuju kesejahteraan rumah tangga petani di pedesaan .

              

Kesimpulannya adalah :

  1. Wanita tani berpeluang dan mampu berperan sebagai mitra kerja penyuluh dalam proses alih teknologi pertanian dipedesaan .
  2. Meningkatkan peran dan produktivitas wanita tani sebagai pengurus rumah tangga dan tenaga kerja pencari nafkah /  tambahan juga berhubungan erat dengan perannya sebagai pelaku usaha dalam upaya peningkatan pendapatan dan pemenuhan kebutuhan pangan keluarga , menuju pencapaian ketahan pangan dan kesejahteraan rumah tangga.
  3. Pembinaan wanita tani perlu ditingkatkan dan diberdayakan sebagai receiving sistem untuk mempercepat proses penyerapan tehnologi oleh wanita tani.
  4. Perlu strategi perlindungan terhadap tenaga kerja wanita , meningkatkan efektivitas penyuluhan dan pelatihan , perbaikan regulasi, fasilitas, upah dan kesempatan kerja agar berimbang antarjender, sebagai keberpihakan terhadap wanita tani dipedesaan.
  5. Mekanisme kerja penyuluhan untuk lebih melibatkan wanita tani dalam mempercepat adopsi teknologi

Kelompok Wanita Tani ini adalah wanita yang siap untuk di didik oleh PPL dari Kecamatan Margoyoso , walaupun wanita didesa bulumanis lor mempunyai kesibukan dalam urusan rumah tangga tetapi selalu meluangkan waktunya untuk bisa melakukan pertemuan dan mempraktekkan hasil belajar . In The Best Kelompok Wanita Tani ” Tunas Mekar ”         ( Sri Mukti Anik Menawati  S.Pi )

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan