PELATIHAN PEMBUATAN TEPUNG MOCAF DAN ANEKA MAKANAN OLAHAN DARI TEPUNG MOCAF

  • Jun 27, 2019
  • bulumanislor-margoyoso

Pada tanggal 24 dan 25 Juni 2019 , Didesa Bulumanis lor mengadakan pelatihan  pembuatan tepung mocaf.           Sebelum kita mengenal apa yang dimaksud dengan tepung mocaf , terlebih dahulu perlu kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari singkong , singkong termasuk jenis tanaman tropis dan subtropis .Dan seperti yang kita ketahui bahwa tepung mocaf terbuat dari singkong.            Cara membuat Tepung Mocaf adalah :

  1. Siapkan bahan baku singkong kemudian kupas kulit singkong tersebut .
  2. Bersihkan lendir pada ubi setelah mengupas kulitnya
  3. Setelah singkong dikupas kemudian di cuci bersih
  4. Kemudian singkong dipotong2 tipis tipis , dengan menggunakan alat pemotong criping atau mesin slicing
  5. Setelah dipotong ditaruh didalam baskom kemudian direndam dengan stater Bio-Mocaf , perendaman singkong diupayakan sedemikian hingga seluruh irisan singkong tertutup air. Proses perendaman dilakukan 30 48 jam.
  6. Setelah proses fermentasi selesai kemudian dilakukan pencucian kembali untuk menghilangkan sifat asam pada singkong hingga tidak berasa dan tidak berbau lebih cepat kering.
  7. Kemudian singkong ditiriskan dan dijemur
  8. Setelah singkong betul2 kering hingga mencapai kadar air maksimal 13 % selanjutnya dapat dilakukan proses penggilingan dengan menggunakan mesin penepung atau ditumbuk , kemudian tepung diayak
        Apa yang dimaksud dengan TEPUNG MOCAF adalah merupakan tepung berbahan baku singkong atau ubi kayu yang dimodifikasi dengan tehnik fermentasi menggunakan mikrobia. Keunggulan tepung mocaf antara lain :
  1. Menggandung Kalsium fosfor dan serat yang lebih tinggi daripada terigu
  2. Kaya vitamin C
  3. Menggandung fitoestrogen ,suatu hormon yang berfungsi untuk mencegah menopause dini yang biasa terjadi pada kaum wanita,
  4. Warna lebih putih
  5. Aroma singkong hilang
  6. Tekstur lebih halus
  7. Elastisitas meningkat
  8. Lebih menggembang saat di gunakan sebagai bahan baku pembuatan olahan kue
  9. Hilangnya rasa pahit yang muncul pada singkong
  10. Rendah gula ,aman dikonsumsi oleh semua orang
  11. Cocok bagi penderita Diabetes.
Keuntungan menggunakan tepung mocaf antara lain:
  1. Memiliki kandungan serat terlarut yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan tepung gaplek.
  2. Memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi dibandingkan dengan padi dan gandum.
  3. Oligasakaridayang merupakan penyebab flatules susah terhidrolisisr.
  4. Memiliki daya kembang yang setara dengan gandum tipe II ( kadar protein menengah )
  5. Memiliki daya cerna yang jauh lebih baik dan cepat dibanding dengan tepung tapioka dan tepung gaplek.
Manfaat tepung mocaf :
  1. Sebagai pengganti tepung terigu
Bisa dipakai sebagai alternatif pengganti tepung terigu untuk berbagai makanan yang tidak terlalu membutuhkan kekenyalan dan elastisitas tinggi lebih cocok untuk sebagai pencampuran tepung terigu agar lebih hemat dalam biaya produksi. 2. Melancarkan Pencernaan Keistimewaan kandungan mocaf adalah bisa mencegah gangguan pada pencernaan misalnya susah BAB dan sembelit . Kandungan serat yang cukup tinggi ini menjadikan mocaf dapat membantu melancarkan pencernaan . 3. Mencegah Menopouse Sering Konsumsi tepung mocaf bisa mencegah menopouse dini. Hal ini karena ada kandungan fitoestrogen pada tepung mocaf yang bisa menghambat proses menopouse dini pada wanita. 4. Bahan olahan Menu Diet Sehat Walaupun kaya kandungan karbohidrat ,kandungan pada tepung mocaf ini rendah lemak sehingga pas banget dijadikan pengganti beras atau nasi .Menu olahan menggunakan tepung mocaf ini juga sangat cocok dijadikan pengganti makanan pokok untuk menu diet kamu. Tepung Mocaf ini bisa digunakan untuk membuat kue misal : kue bolu, sistik, bakso, nugget, dan masih banyak lagi.         Dalam pelatihan tersebut juga diberikan penjelasan komposisi dan takaran bahan pembuatan kue, seluruh ibu ibu sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut , dengan diadakan pelatihan tepung mocaf ibu ibu dapat belajar membuka usaha kue sehingga dapat meningkatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari.         ( SRI MUKTI ANIK MINAWATI S.Pi )